Informasi Dunia 2019

Rabu, 07 Februari 2018

Ini 3 Alasan Anda Harus Rutin Cuci AC

Februari 07, 2018 No comments
Ini 3 Alasan Anda Harus Rutin Cuci AC

Sebagai peralatan elektronik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, AC sangat terasa sekali manfaatnya untuk membuat udara jadi lebih sejuk. Hampir setiap hari, kulit kita terpapar oleh udara sejuk yang dihasilkan oleh AC. Mulai dari di sekolah, kantor, mall, rumah sakit, bahkan di rumah kita sendiri. Udara yang semakin lama semakin kotor karena terpapar oleh udara polusi membuat kita sangat bergantung dengan pendingin ruangan yang satu ini. Tapi, apakah Anda sudah memperhatikan kondisi dari AC? Atau bahkan, apakah Anda tahu bahwa AC Anda harus dengan rutin dicuci agar tetap terjaga kualitasnya? Itu dia, untuk tetap menjaga kualitas udara yang dihasilkan oleh AC, Anda harus rutin mencuci atau melakukan perawatan pada AC. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus rajin cuci AC. Selengkapnya bisa Anda baca penjelasannya di bawah ini.

Menjaga Kualitas AC

Cucilah AC Anda setiap sekitar dua sampai tiga bulan sekali. Mungkin Anda perlu mengetahui cara kerja AC terlebih dahulu. Udara yang masuk ke dalam mesin AC akan disaring dalam filter atau penyaring. Setiap udara yang membawa kotoran atau debu masuk ke dalam dan tersaring akan terpisah dari debu dan kotoran tersebut. Nah, kotoran tersebutlah yang menempel pada bagian filter AC. Tentu saja, dengan tumpukan debu tersebut yang menempel selama berbulan-bulan, membuat kualitas dari kerja mesin AC akan menurun dan tidak berfungsi secara maksimal seperti pada normalnya. 

Selain itu, kualitas udara yang dikeluarkan oleh AC juga akan semakin buruk jika tumpukan kotoran tersebut dibiarkan begitu saja. Di filter tersebut tidak hanya terdapat debu atau kotoran saja, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa bakteri dan virus di udara ikut menempel di filter dan berkembang biak di sana. Apalagi, tempat yang lembap adalah tempat yang baik untuk kuman dan jamur berkembang semakin banyak. Lama kelamaan kualitas udara yang dikeluarkan juga akan menurun seiring dengan turunnya kualitas mesin.

Supaya Mesin jadi Awet

Jika tumpukan debu  tersebut menumpuk semakin parah dan semakin tebal, tentu mesin AC akan sulit untuk bisa mengeluarkan udara sesuai dengan keinginan Anda. Karena itulah, jika Anda merasa bahwa AC Anda semakin hari semakin mengeluarkan udara panas, maka perlu Anda perhatikan kondisi mesinnya. Ketika mengeluarkan udara yang panas atau tidak sedingin biasanya, sebenarnya AC berusaha keras untuk mengeluarkan dingin, namun karena kondisi mesin yang tidak memungkinkan akibat adanya tumpukan debu tersebut, akhirnya udara panaslah yang keluar. Mesin berusaha semaksimal mungkin tetapi yang ada malah memperburuk bahkan merusak kondisi dari mesin tersebut. Karena itu, jangan merusak mesin AC dengan membiarkannya kotor dan diselimuti oleh lapisan debu yang tebal.

Listrik Lebih Hemat

Ketika kondisi mesin bersih dan mulus dari kotoran, maka kerja dari mesin juga akan jadi ringan. Ketika mesin bekerja dengan keras, maka tentu saja membutuhkan daya listrik yang lebih banyak dari aktivitas seperti biasanya. Hal inilah yang membuat tagihan listrik Anda jadi membengkak. Meski Anda tidak menyadarinya, tetapi secara tidak langsung mesin AC yang kotor akan menambah pengeluaran Anda. Karena itulah, daripada mengalami beberapa hal yang jadinya merugikan Anda, lebih baik Anda membiasakan untuk dengan rutin mencuci AC di rumah Anda agar senantiasa bersih dan terjaga kondisi mesinnya.

0 komentar:

Posting Komentar