Informasi Dunia 2019

Senin, 03 Juni 2019

4 Tips Buat Anak Semangat Selesaikan Pekerjaan Rumah

Juni 03, 2019 , No comments
4 Tips Buat Anak Semangat Selesaikan Pekerjaan Rumah

Anak-anak memang gemar sekali bermain dan kadang tidak semangat untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang dia dapat dari sekolah. Orang tua kadang juga di buat pusing untuk mencari cara agar bisa mengembalikan semangat si anak.

Jangan khawatir berikut ada 4 langkah membuat si anak semangat untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya

1. Permainan kecepatan
Salah satu ide menarik untuk membuat waktu mengerjakan PR jadi lebih menyenangkan adalah dengan melakukan permainan. Tantanglah si anak untuk mengerjakan tugasnya dengan baik dan benar dalam waktu yang ditentukan. Dengan kata lain, ajak anak untuk bermain adu cepat, puzzle, dan sebagainya. 

2. Tengok sesekali
Entah karena malas atau asik menonton sinetron favorit di televisi, sejumlah orangtua kerap lupa untuk menengok dan memeriksa hasil PR anak. Dilemanya adalah anak merasa tertekan saat selalu diawasi, tapi jika tidak anak semakin lama menyelesaikan PR. 

Solusinya, tengok anak sesekali saat sedang mengerjakan tugasnya. Buatlah "kunjungan" ke kamarnya untuk memeriksa perkembangan dan kemajuan. Anda juga bisa mendorong mereka dengan memujinya, "Kamu pintar", "Wah, cepat sekali buat PR-nya." Pujian ini akan membantu anak jadi lebih percaya diri. 

3. Gonta ganti lokasi
Mengerjakan PR di meja belajar dalam kamar pasti membuat anak merasa jenuh dan malas. Cobalah pompa semangat anak dengan berganti lokasi dalam mengerjakan PR. Salah satunya bisa di bangku taman atau tempat lainnya. Ini adalah ide yang baik untuk mencegah anak merasa bahwa pekerjaan rumah menjadi sebuah hal yang monoton dan menakutkan.

4. Cari nama baru
Terkadang bagi anak-anak nama PR akan terdengar menakutkan. Nah, cobalah untuk menemukan nama lain untuk menggantikan nama ini.  

0 komentar:

Posting Komentar