Informasi Dunia 2019

Jumat, 01 November 2019

Inilah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Buat Janji Dokter

November 01, 2019 , No comments
Buat janji Dokter

Memeriksakan diri ke dokter tak hanya perlu dilakukan kala sakit melanda namun juga sebaiknya dilakukan secara rutin untuk medical checkup ataupun untuk melakukan perawatan dan terapi. Sebagai contoh, untuk pergi ke dokter gigi misalnya, Anda tak perlu menunggu hingga sakit gigi untuk buat janji dokter. Gigi memerlukan perawatan sehingga setidaknya jika tak ada masalah, Anda harus memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali. Apalagi untuk bagian tubuh yang lain dan terutama bagi Anda yang memiliki resiko penyakit tertentu atau sudah memiliki riwayat penyakit tertentu.

Agar jadwal kunjungan dokter Anda efektif dan tepat guna, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan rencana sebelumnya sehingga kunjungan Anda akan lebih bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa point yang perlu Anda ketahui dan persiapkan sebelum melakukan kunjungan ke dokter:

1. Hasil check up
Ingin berkonsultasi dengan dokter mengenai riwayat penyakit yang sudah dimiliki sebelumnya? Jangan lupa untuk membawa hasil pemeriksaan atau check up yang sudah pernah dilakukan terakhir kali seperti hasil foto rontgen dan hasil pemeriksaan laboratorium. Dengan begitu dokter akan mudah menganalisa dengan membandingkannya dengan pemeriksaan yang lalu.

2. Daftar online
Pasti Anda segan jika harus menunggu lama apalagi jika dokter yang akan dikunjungi praktek di rumah sakit. Anda harus mengantri di ruang pendaftaran, ruang dokter dan instalasi farmasi hingga akhirnya pemeriksaan selesai dan Anda membawa pulang obat yang diresepkan. Jika tak ingin ini terjadi, Anda bisa mencari tahu sebelumnya apakah ada fasilitas pendaftaran online yang diberlakukan pada praktek dokter yang Anda ingin kunjungi. Jika tersedia, lakukan pendaftaran online sebelumnya sehingga Anda mendapatkan nomer urut pendaftaran. Dengan begitu Anda bisa datang sesuai dengan nomer urut tersebut.

3. Membawa obat-obatan
Jika sebelum jadwal kunjungan ini Anda sudah memeriksakan diri dan mendapatkan obat yang hingga sekarang masih ada, sebaiknya saat akan berangkat ke dokter Anda membawa obat tersebut. Biasanya perawat atau dokter akan bertanya mengenai obat apa yang sedang dikonsumsi. Dengan membawa obat yang ada Anda akan lebih mudah menerangkan jenis obat yang dikonsumsi untuk bisa diteliti kembali oleh dokter.

4. Mengingat gejala
Saat Anda datang ke tempat praktek dokter, pasti Anda akan diminta untuk menceritakan gejala penyakit. Mulai kapan gejala tersebut timbul dan ada atau tidak gejala lain yang menyertai. Untuk bisa memberi informasi yang lengkap, Anda bisa mengingat-ingat terlebih dahulu kronologis gejala penyakit yang diderita. Penjelasan Anda akan memudahkan dokter untuk melakukan diagnosa. Point ini sangat penting terutama bagi ibu atau orang tua yang akan memeriksakan anaknya karena biasanya anak-anak tidak mengingat gejala penyakit yang ia rasakan.

5. Makan atau puasa
Jika Anda tidak memiliki jadwal khusus mengenai tindakan medis yang akan dilakukan saat berobat nanti, sebaiknya Anda datang ke dokter dalam keadaan perut sudah terisi makanan. Bisa saja, dokter akan memberikan injeksi yang memiliki efek tertentu sehingga mengisi perut dengan makanan akan membantu memberi Anda kekuatan. Namun jika Anda dijadwalkan melakukan test laboratorium dan harus berpuasa, maka lakukan sesuai dengan perintah dokter tersebut.

Itulah beberapa point penting yang perlu Anda ketahui dan persiapkan sebelum buat janji dokter dan menemuinya untuk memeriksakan diri. Bagi Anda yang menggunakan kartu asuransi kesehatan atau BPJS kesehatan, juga perlu mempersiapkan dokumen persyaratan sesuai dengan kebijakan masing-masing instansi agar bisa dilayani dengan baik dan maksimal oleh rumah sakit.

0 komentar:

Posting Komentar